Maaf! blog ini baru merupakan kerangka blog, bagi pengunjung yang budiman mohon petunjuk serta saran untuk perbaikan blog ini, trimakasih

Kamis, 31 Oktober 2013

permasalah dapodikdas

peluncuran aplikasi dapodikdas masih banyak membawa permasalahan pada penginstalan program tersebut pada laptop/pc kita...sempat juga dibuat pusing ma aplikasi tersebut....ada sedikit pencerahan pada gagal instal pada aplikasi....yang jelas usahakan specifikasi komputer memadai sesuai juknis....
adapun permasalah yang timbul beberapa kali instal laptop adalah cek kembali kode regristrasi/kode regristrasi tidak ditemukan dan aplikasi/pacth expired...
sementara baru permasalahan ini yang bisa saya sampaikan berdasarkan pengalaman yang sudah saya jalani...solusinya....
untuk cek kode regristrasi/kode regristrasi tidak ditemukan   coba lagi timpa prefill yang ada di lokal C komputer anda dan unistall program dapodikdas,  ulang lagi proses penginstalan dari awal mungkin waktu copas prefill kurang sempurna.......kenapa terjadi ..... banyak sekali keluhan dari operator sekolah tentang kegagalan saat instalasi aplikasi dapodik dan juga pada saat proses pendaftaran sekaligus restore (push) data prefill untuk pertama kalinya......beberapa hal yang sering terjadi adalah dikarenakan nama file dan folder tidak tepat yaitu tidak menyimpan file prefill pada C:\prefill_dapodik atau nama file prefill bukan nama asli hasil download.
Untuk pacth/aplikasi yang expired....kenapa bisa expired ........Aplikasi masing-masing release akan mengalami expired setelah satu atau dua bulan sudah diatur sedemikian rupa agar pengguna melakukan update tujuannya adalah memaksa pengguna menggunakan aplikasi terbaru jika ada revisi atau penambahan fitur yang tidak diketahui oleh operator.
Untuk saat ini aplikasi disiapkan untuk expired setelah satu bulan, untuk selanjutnya mungkin akan didesain expired setelah dua bulan atau lebih......silahkan download pacth terbaru yaitu PacthDapodikdas203 terus install PacthDapodikdas203nya....cukup download pacth aja, boleh juga download aplikasi 203nya juga dengan catatan jika anda belum isi data pada aplikai sebelumnya sebab jika anda instal dengan aplikasi yang baru maka data yang ada akan hilang..untuk itu saya sarankan cukup install pacthnya aja....jika masih ada kendala expire pada pacth pada waktu ada notice/pemberitahuan cukup tekan ctrl + f5 pada komputer anda.....maaf jika tidak berhasil jangan protes....hehehe....ini berdasarkan pengalaman yang sudah ada.....jangan lupa cek kembali dapodikdas minimal 1 bulan sekali untuk aktivasi ptk tiap bulan dan update pacth jika ada perubahan...
selamat mencoba...semoga succes.....

Selasa, 03 September 2013

CARA MERUBAH FORMAT TANGGAL DI EXCEL KE TEXT

udah upload data siswanya....

jika belum ini ada sedikit trik untuk mempercepat upload data siswa di padamu negeri....mungkin kalau kita mau entry data siswa satu persatu akan memakan waktu yang lama apalagi yang mempunya siswa ratusan, yuk langsung aja kita simak postingan kali ini.

sekolah bapak/ibu pasti sudah mempunyai data siswa apalagi yang sudah upload data di dapodik, buka file siswa anda tinggal copas ke format siswa yang mau di upload ke padamu negeri...

permasalahannya tidak sampai disini...pada format dapodik/file yang bapak/ibu punya mungkin tida sesuai dengan format yang diminta pada format padamu terutama format tanggal...bapak/ibu harus menyesuaikan ke format yang diminta biar bisa langsung diterima di aplikasi padamu...

ini ada sedikt cara praktis untuk mengganti format tanggal excel ke text

caranya buka file siswa anda, sebagai contoh saya lampirkan beberapa contoh tanggal lahir:

perhatikan lingkaran merah yang ada....ini adalah bentuk format tanggal pada excel dengan menggunakan format custom : yyyy-mm-dd h:mm:ss format ini sesuai dengan format tanggal yang ada pada aplikasi dapodik. langkah berikutnya silahkan bapak/ibu rubah dulu ke custom : yyyy-mm-dd dengan cara blog dulu semua cell tanggal yang ada klik kanan - format cell - custom - rubah format pada kotak tipe menjadi yyyy-mm-dd, hasilnya menjadi :
tanggal dengan format yyyy-mm-dd setelah itu silahkan bapak/ibu blok kembali format tanggal tersebut dan copas/ copy paste ke notepad :
setelah copas ke notepad buka kembali lembar excel, blok semua cell tanggal yang ada, klik kanan - format cell-pilih text....

ini hasil kita merubah format tanggal ke text tapi bukan ini yang akan kita upload, buka kembali notepad anda dan copas ke format tanggal pada lembar excel yang ada, hasilnya seperti ini..


udah jadi deh format tanggal text kita....
selamat mencoba semoga bermanfaat...soalnya saya sendiri belum mencoba berhasil tidaknya....hehehe....



Kamis, 01 Agustus 2013

CARA UPLOAD DATA SISWA

Berikut saya sampaikan cara upload data siswa pada padamu siap online...
persiapkan data siswa anda sesuai format yang tersedia di siap online, jika belum punya jangan khawatir, ikuti saja langkah-langkah ini nanti anda bisa mendapatkan format yang anda perlukan.

Login Sekolah
Silahkan anda login sekolah terlebih dahulu..selanjutnya pilih Layanan Administrasi Sekolah..


klik Siswa & Alumni

klik Lihat semua Fitur atau klik Siswa


klik Daftar Siswa


klik upload


setelah anda klik upload maka akan ada pilihan..


pilih file jika anda sudah siap mengupload data sesuai format yang ada atau anda juga bisa unduh format siswa jika anda belum memiliki format data siswa..

Demikian yang bisa saya sampaikan cara upload data siswa, mudah-mudahan bermanfaat dan selamat berkarya...


Kamis, 18 Juli 2013

DAFTAR NAMA KEPALA SEKOLAH
DI LINGKUNGAN UPT PENDIDIKAN BAKAUHENI
LAMPUNG SELATAN 2013

NO
NAMA SEKOLAH   
NAMA KEPALA SEKOLAH 
NIP
ALAMAT RUMAH
01 SDN 1 Bakauheni SUKANDAR, S.Pd.SD 196109161988071001 Ds. Bakauheni
02 SDN 2 Bakauheni SRI MUJILAH, S.Pd.SD 196108261979102001 Ds. Bakauheni
03SDN 3 BakauheniKARSINO, S.Pd.SD196504291986031006Ds. Bakauheni
04 SDN 1 Kelawi SUNAWATI, S.Ag 130861602 Mess PT. ASDP
05 SDN 2 Kelawi KUSMALIA, S.Pd.SD 196506091988072001 Ds. Kelawi
06 SDN HATTA HERLIAH, S.Pd.SD 196207091984032003 Mess PT. ASDP
07 SDN SEMANA Hi. BARJAH, A.Ma.Pd 195603121979101003 Ds. Bakauheni
08 SDN 1 Totoharjo SUWARSIH, M.Pd 132111397 Ds. Hargo Pancuran
09 SDN 2 Totoharjo JALESMAR PASARIBU, S.Pd.SD 195903131984031004 Penengahan
10 SDs Bhakti Ibu KADIRAN, A.Ma.Pd - Ds. Bakauheni
11 SMPN 1 Bakauheni NAWAWI, M.Pd NIP Ds. Kelawi
12 SMPN 2 Bakauheni Drs. SANUDIN 196401171994031002 Ds. Gayam Penengahan
13 SMPN SATAP 1 Bakauheni Hj. NON BADARIAH, M.Pd 196206201983032006 Penengahan
14 SMP Bakauheni Hi. SUGIYANTO, A.Ma - Ds. Bakauheni

Rabu, 10 Juli 2013

HASIL UKG 2013

UKG sudah berlalu saatnya sekarang kita cek daftar hasil daripada UKG itu sendiri, namun sebelum saya berikan link-nya akan sedikit saya sampaikan persyaratan untuk bisa mengikuti sertifikasi guru 2013, adapun syarat peserta Sertivikasi Guru 2013 memenuhi kriteria sebagai berikut :
  1. Pada tanggal 1 Januari 2014 belum memasuki usia 60 tahun.
  2. Sudah menjadi guru pada saat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang ditetapkan tanggal 30 Desember 2005.
  3. Memiliki kualitas akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV), jika belum S1/D-IV,atau
    • Usia minimal 50 tahun dan masa kerja minimal 20 tahun, atau
    • Memiliki Golongan minimal IVA.

demikian syarat-syarat utama yang harus dimiliki oleh calon peserta sertifikasi 2013, namun demikian bagi bapak/ibu yang belum/tidak memenuhi kriteria tersebut di atas jangan kecewa karena bagi bapak/ibu yang belum/tidak memenuhi persyaratan calon pesesrta sertifikasi 2013 akan dicatat sebagai sebagai calon peserta sertifikasi pendidik tahun berikutnya. demikian bapak/ibu kiranya dapat dimaklumi...

untuk bisa melihat daftar calon peserta sertifikasi 2013 silahkan bapak/ibu masuk ke
http://sergur.kemdiknas.go.id/sg13/ atau   Klik Disini


caranya silahkan anda klik PENCARIAN dan masukkan NUPTK anda, atau bisa juga anda klik KRITERIA untuk melihat daftar calon peserta sertifikasi berdasarkan daerah yang anda inginkan.

selamat mencoba semoga anda salah satu orang yang terdaftar sebagai calon peserta sertifikasi guru 2013.

Jumat, 05 Juli 2013

CARA AKTIVASI AKUN PTK PADAMU NEGERI

hallo sob...jumpa lagi...setelah beberapa waktu lalu saya sempat posting mengenai cara aktivasi akun sekolah, kini sekarang saya mau coba posting cara aktivasi akun PTK padamu negeri... yup...langsung aja simak beberapa langkah yang akan saya sampaikan....

Pertama.....

Jumat, 21 Juni 2013

panduan, juknis PADAMU PTK

Hai sob kali saya akan sampaikan juknis, panduan padamu buat PTK, semoga bermanfaat...selamat bekerja...maju terus pendidikan Indonesia...


panduan cek NPSN online

buat anda sebagai operator sekolah apabila ingin liha NPSN bisa anda lihat secara online...berikut panduannya......

Sabtu, 08 Juni 2013

NUPTK

Tentang NUPTK
NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) merupakan kode identitas
unik yang diberikan kepada seluruh Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (Staf) di
seluruh satuan pendidikan (Sekolah) di Indonesia.
NUPTK dibangun oleh Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga
Kependidikan (PMPTK) Depdiknas tahun 2006.
Seiring dengan program Reformasi Birokrasi, NUPTK sejak tahun 2011 dikelola oleh
Sekretariat Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu
Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
Dalam perkembangannya, NUPTK menjadi syarat utama yang harus dimiliki oleh
seluruh PTK se-Indonesia untuk dapat mengikuti program-program Kementerian lainnya,
antara lain:
• Sertifikasi PTK
• Uji Kompetensi PTK
• Diklat PTK, dan
• Aneka Tunjangan PTK

Mengapa Harus Verval Ulang NUPTK 2013 ?
NUPTK yang dikelola oleh PMPTK sejak tahun 2006 - 2010 kemudian dikelola oleh
BPSDMPK-PMP sejak 2011 menjadi kode referensi utama untuk dapat mengikuti berbagai
program pengembangan PTK yang dilaksanakan oleh Kemdikbud, antara lain: Sertifikasi, Uji
Kompetensi, Diklat, dan Aneka Tunjangan PTK lainnya.
BPSDMPK-PMP yang bertanggungjawab sepenuhnya terhadap pengelolaan NUPTK
sangat berkepentingan melakukan VerVal Ulang NUPTK 2013 dalam rangka meningkatkan
penjaminan mutu pendidikan nasional khususnya para PTK.
Dengan peran aktif PTK dalam melaksanakan program VerVal Ulang NUPTK
periode 2013 ini. BPSDMPK-PMP dapat membantu progress penjaminan peningkatan mutu
para PTK dengan lebih obyektif, transparan, akurat dan berkesinambungan.
Data PTK hasil VerVal Ulang NUPTK yang dikelola oleh BPSDMPK-PMP akan
menjadi sumber referensi utama untuk pelaksanaan program-program peningkatan mutu PTK
yang dilaksanakan oleh Direktorat Kemdikbud terkait pada tahapan selanjutnya.

Apa Manfaat Bagi PTK ?
Setiap PTK diberi akun login untuk dapat memutakhirkan data personal masingmasing
setiap saat setiap waktu darimana saja secara online 24 jam.
Setiap PTK akan diberi fasilitas media jejaring sosial untuk saling berbagi,
berkomunikasi dan berkolaborasi antar PTK se-Indonesia. Setiap PTK akan memiliki Kartu
Digital NUPTK yang uptodate di http://padamu.kemdikbud.go.id/kode_nuptk (dalam proses
pengembangan)
Setiap PTK akan diberi fasilitas ruang penyimpanan (storage) online untuk
menyimpan beragam arsip dokumen secara digital seperti: Ijazah, Sertifikat, Piagam-Piagam,
Surat Tugas, dan lain sebagainya (dalam proses pengembangan)

untuk selanjutnya diharapkan bapak/ibu guru/PTK segera untuk mengupdate data PTK bapak/ibu, untuk keterangan lebih lanjut bisa di lihat di http://padamu.kemdikbud.go.id

Jumat, 17 Mei 2013

Cara Buat Blog Gratis

hallo sob...
buat kalian yang mau buat blog gratis bisa baca disini, meski masih sederhana namun ini bisa buat panduan cara membuat blog gratis, o iya tutorial ini saya buat biar saya tidak lupa dengan cara buat blog gratis, karena saya sendiri baru bisa buat blog. ok yuk kita sama-sama belajar buat blog.
langsung aja ya karena saya belum bisa basa-basi takut basi beneran...hehehe....
saya anggap kalian sudah punya alamat email...karena syarat pertama buat blog adalah alamat email, kita buat aja blog melalui blogger meski banyak penyedia pembuat blog namun buat blog melalui blogger lebih mudah. yupp kita mulai......

  1. kita lihat di menu bar google crom di menu more/lainnya lalu pilih blogger atau tekan (Ctrl+T) bersamaan      dari keyboard kalian.
  2. masukkan email dan kata sandi email kalian untuk login di blogger telebih dahulu
  3. selanjutnya kalian masuk di halaman selamat datang di blogger untuk konfirmasi profil kalian nantinya di blogger, o iya pilih dulu bahasa tampilan blog yang anda inginkan...pilih saja bahasa indonesia untuk lebih mudah memahami blog untuk selanjutnya atau boleh bahasa apa saja yang benar-benar kalian pahami. trus...klik lanjutkan ke blogger
  4. pilih nuwe blog/blog baru yang ada dibawah kotak profil kalian  
  5. isi judul blog yaitu judul blog yang akan ditampilkan di blog kalian nantinya, isi alamat blog.
     untuk mengisi alamat tidak harus sesuai alamat/nama email kalian bisa ambil nama judul blog atau yang lainnya sesuai keinginan kalian truss...pilih template yang ada di bawahnya....untuk tampilan blog kalian...template bisa di rubah-rubah...trusss...lanjutkan klik buat blog...
  6.  sampai disini kita tinggal entri apa aja yang mau kita masukkan buat posting kita...klik menu entri/gambar pinsil atau lihat blog
sekian dulu ya tutorial kali ini...selamat mencoba semoga bermanfaat.....sampai jumpa lagi di tutorial berikutnya....
jangan lupa kasih komerntar ya sob...biar blog aku cepet di kenal orang...hehehe...makklum saya juga blogger baru....

Selasa, 14 Mei 2013

Cara Cek Jadwal UKG

27 Mei 2013  Cara cek daftar UKG (Uji Kompetensi Guru), pelaksanaan Uji Kopetensi bagi guru akan dilaksanakan, adapun daftar calon peserta UKG 2013 telah diterbitkan bisa anda cek secara online,untuk mengetahui lebih lanjut masalah informasi sertifikasi guru bisa anda lihat di http://sergur.kemdiknas.go.id/ ,untuk mengetahui jadwal pelaksanaan untuk anda, anda bisa  Klik Disini  , setelah   Klik Disini anda pilih /klik daftar guru yang belum bersertifikasi pendidik trus pilih pencarian masukkan NUPTK anda dan cari, masuknya di pencarian bukan di kriteria karena di kriteria hanya menampilkan daftar nama bagi guru/PTK yang belum bersertifikasi, bagi anda yang ingin mengikuti UKG anda bisa berlatih secara online di http://ukgonline.org/soal.html dan  , selamat berjuang!!!

Rabu, 08 Mei 2013

UN 2013

Alhamdulillah...
pelaksanaan UN berjalan dengan aman dan tertib tanpa ada kendala sedikitpun...selamat bagi adik-adik perserta UN tahun ini, tinggal tunggu hasil...semoga succes...

Minggu, 05 Mei 2013

upt pendidikan bakauheni

Selamat datang di blog UPT Pendidikan Kecamatan Bakauheni

Sekilas UPT Pendidikan Kecamatan Bakauheni,  UPT Pendidikan Kecamatan Bakauheni berdiri dari tahun 2007 yang pada waktu itu masih bernama cabang dinas pendidikan,  UPT Pendidikan Kecamatan Bakauheni merupakan pemekaran wilayah dari Kecamatan Penengahan.
Pada awal mula UPT Pendidikan Bakauheni berkedudukan di Mess  PT. ASDP Cab. Bakauheni kurang lebih selama 2 tahun dan berpindah satu atap dengan Kantor Kecamatan Bakauheni, setelah pindah menjadi satu atap dengan Kantor Kecamatan Bakauheni, kantor UPT pindah menempati salah satu ruangan di SDN Hatta namun hanya beberapa bulan setelah itu berpindah lagi ke rumah seorang warga (Bp. Sumarno-Kary. PT. ASDP) tepatnya di desa Kelawi Kec. Bakauheni Kab. Lampung Selatan
Pada saat ini Mei 2013  UPT Pendidikan Kecamatan Bakauheni membawahi 10 SD terdiri dari 9 SD Negeri dan 1 SD Swasta/Yayasan, 2 SMP Negeri, 1 SMP Negeri 1 Atap, 1 SMP Swasta, 1 SMK Negeri dan 1 SMK Swasta serta beberapa PAUD dan Taman Kanak-Kanak. Dari awal berdiri sampai saat ini sudah ada 4 orang yang menjabat sebagai Kacabdin maupun Ka.UPT dianataranya adalah Bp. Wahyudi Eryanto, SE merupakan Kacabdin pertama di UPT Pendidikan Bakauheni, Kedua Bpk Drs. Syariffudin, Bp. Agus Suprayitno, SH dan Bp. Irwan, S.Pd yang merupakan Ka. UPT Pendidikan Kecamatan Bakauheni sampai saat ini (mei 2013).