Maaf! blog ini baru merupakan kerangka blog, bagi pengunjung yang budiman mohon petunjuk serta saran untuk perbaikan blog ini, trimakasih dan maaf ada perubahan isi karena UPT Pendidikan sekarang ditiadakan

Kamis, 27 Juni 2013

CARA AKTIVASI AKUN SEKOLAH

Aktivasi Akun untuk Operator sekolah tidak begitu sulit, sebagaimana layaknya kita membuat akun email bahkan lebih mudah karena kita tinggal mengaktivasi saja....adapun langkahnya sebagai berikut :
Operator meminta kode aktivasi sekolah ke

Dinas Pendidikan Kab./Kota masing-masing atau ke operator UPT Pendidikan Kecamatan masing-masing jika sudah didistribusikan dari Dinas Pendidikan Kab./Kota ke masing-masing UPT Pendidikan. Setelah mendapatkan Kode Aktivasi maka kita (Operator Sekolah) mengaktivasikan kode aktivasi tersebut dengan membuka situs PADAMU http://padamu.kemdikbud.go.id, terus masuk ke login...pilih aktivasi sekolah...masukkan SIAP ID yang anda terima biasanya berupa NPSN sekolah anda...o iya, jika SIAP ID tidak sesuai dengan NPSN anda jangan diterima soalnya nanti kacau anda bisa masuk kesekolah lain bukannya sekolah anda, cocokkan SIAP ID dengan NPSN sekolah anda dan dilanjutkan dengan memasukkan kode Aktivasi...terus isi data yang diminta sesuai kebutuhan ikuti terus langkah-langkahnya sampai simpan. Maka sampai proses ini akun sekolah anda sudah aktif.
Setelah akun sekolah aktif silahkan anda login di Padamu Negeri pilih Login Sekolah masukan no NPSN dengan password yang anda daftarkan waktu aktivasi. setelah masuk dibawah nama operator ada beberapa menu pilihan : Kelola Sekolah, Pendidik dan Tenaga Pendidik, Evaluasi Diri Sekolah, Informasi & Panduan

Kelola Sekolah

Pada halaman ini anda bisa cek dan edit data sekolah sesuai keadaan jika belum sesuai dengan klik/buka Profil Sekolah klik lihat semua fitur, terus anda bisa menambahkan akun lain sebagai operator sekolah misalnya akun operator dari UPT Pendidikan untuk bisa membantu anda dalam palaksanaan verivikas dan validasi data dengan klik/ buka Kelola Akun terus lihat semua fitur klik tanda tambah masukkan email yang dituju...check email...cetak konfirmasi untuk keperluan aktivasi akun tambahan.

Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Pada halaman ini ada beberapa pilihan Direktori PTK, Pengajuan NUPTK, Verifikasi &Validasi


Direktori PTK
Direktori untuk membantu pengelolaan Data Dasar Pendidik dan tenaga Kependidikan yang berada di sekolah anda, dengan mengklik lihat semua fitur maka akan tampil daftar PTK yang ada di sekolah anda dan perhatikan pada sebelah nama PTK disana ada tanda kunci/gembok berarti PTK belum melakukan Verivikasi dan Validasi NUPTK jika  PTK sudah melakukan Verifikas dan Validasi maka tanda kunci/gembok berubah menjadi bintang dan jika tidak ada nama PTK disekolah anda coba anda masuk ke http://padamu.kemdikbud.go.id, cari di daftar pencarian PTK disitu akan terlihat dimana PTK berinduk dengan catatan PTK yang anda cari sudah memiliki NUPTK.

Pengajuan NUPTK
Pada halaman ini berisi mengenai pengajuan NUPTK bagi PTK yang belum mempunyai NUPTK, disana telah disediakan formatnya anda tinggal mengunduhnya yaitu format A05.

Verifikasi &Validasi
Merupakan fasilitas yang tersedia untuk melakukan VerVal Pemilik NUPTK (Level 1 dan Level 2) di sekolah anda. Setelah melalui proses Verval NUPTK akan dinyatakan aktif dalam periode saat ini.


Demikian cara aktivasi akun sekolah yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat bekerja...maju terus pendidikan Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar